Perubahan Sosial Masyarakat di dukuh Sambikalung desa Pamotan kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Tahun 2023

Penulisan ini menceritakan perubahan-perubahan sosial zaman dulu hingga zaman sekarang di desa Pamotan tepatnya di dukuh Sambikalung dari zaman dahulu dan zaman sekarang. Laporan observasi kali ini dilakukan di dukuh Sambikalung, hal ini mencakup perubahan zaman dahulu dan zaman sekarang meliputi rumah, perabotan rumah tangga , komunikasi, dan fashion. 

Di dukuh Sambikalung sendiri sangat lah langkah dan sulit menemukan rumah, perabotan rumah tangga,alat komunikasi,transportasi jaman tempo dulu. Hal observasi foto tersebut saya dapatkan dari sekitar rumah saya sendiri, setelah itu saya melakukan analisis terhadap perubahan sosial apa saja yang terjadi dari zaman dulu hingga zaman sekarang. 


Berikut beberapa perubahan sosial yang terjadi dari zaman dulu hingga zaman sekarang. 

Perubahan alat komunikasi 

Potret alat komunikasi jaman dulu yang masih menggunakan kentongan ( di foto oleh salsabila Putri isnani pada tanggal 1 September 2023 di dukuh Sambikalung Rt 02 Rw 07) 

Alat komunikasi zaman dulu sangat masih sulit di jangkau sehingga masyarakat sambikalung zaman dulu memanfaatkan kentongan sebagai media untuk menyebarkan informasi. Kentongan sendiri terbuat dari besi untuk memunculkan suara nya harus di pukul. 

Kentongan yakni alat komunikasi yang marak di zaman dulu untuk memberi tau masyarakat Sambikalung ketika terjadi musibah sesuatu.

Tidak hanya digunakan pada zaman dulu kentongan di dukuh Sambikalung saat ini masih sering di gunakan, kentongan ini digunakan warga Sambikalung untuk memberi tahu jam waktu , ketika ada orang meninggal dunia ,gotong royong dan musibah yang melanda. 

Tampak Salah satu remaja sambikalung sedang menggunakan alat komunikasi zaman sekarang yaitu telepon genggam .( Difoto oleh Salsabila Putri Isnani pada 10 September 2023 di dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 desa Pamotan) 

Kesempatan kali ini penulis melakukan kunjungan untuk menelusuri alat komunikasi zaman sekarang di dukuh Sambikalung , kali ini penulis mewawancarai salah satu remaja dukuh Sambikalung yakni ananda Sindy Pramudhita. 

Berbeda dengan zaman sekarang, zaman sudah semakin canggih alat komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya yaitu handphone, siapa sih zaman sekarang yang tidak mengenal handphone? Handphone merupakan alat komunikasi yang canggih yang digunakan untuk mencari dan menyebarkan informasi. Kegunaan handphone sendiri ini sangat lah besar seperti kita bisa mengetahui berita terkini dengan begitu cepat, kita bisa mengetahui keadaan saudara jauh melalui video call, kita juga bisa menyebarkan informasi dengan begitu cepat. 

Handphone tidak lah hanya memiliki dampak positif namun juga mempunyai dampak negatif.  Dampak negatif ini meliputi : banyak remaja yang kecanduan games, selain itu banyaknya berita hoaks yang ada di media sosial hingga membuat masyarakat resah.

( di foto oleh salsabila putri isnani pada 10 September 2023 di dukuh Sambikalung rt 02 rw 07desa Pamotan) 

Tidak hanya handphone alat komunikasi zaman sekarang sangat lah banyak seperti saja laptop, komputer, tablet dan lain sebagainya. 


Perubahan sosial perabotan rumah tangga

Beberapa hari kemudian saya melakukan penelitian lagi di dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 tentang perubahan sosial perabotan rumah tangga. Narasumber yang saya wawancarai yaitu ibu Asih, belau bercerita banyak nya perubahan sosial yang terjadi di perabotan rumah tangga zaman dulu ke zaman sekarang. 

Tampak wadah minum tempo dulu yang terbuat dari tanah liat yang dipajanh milik ibu Asih.(Di foto oleh salsabila putri isnani pada 11 September 2023 di rumah ibu Asih dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 desa Pamotan) 

Salah satu nya perubahan sosial ini yaitu wadah penyimpanan air minum. Zaman dulu banyak di jumpai setiap rumah pasti mempunyai kendi buat wadah air minum,kendi sendiri merupakan wadah penyimpanan air minum dari tanah liat konon katanya air minum yang disimpan di kendi akan terasa dingin dan segar. Orang zaman dulu belum banyak yang mengenal pendingin minuman (kulkas) jadi banyak orang yang suka minum dari kendi soalnya air nya menjadi dingin dan segar. 



( Di foto oleh salsabila putri isnani pada 12 September 2023 di rumah ibu Lasmijah dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 desa Pamotan) Tampak foto di atas wadah air mandi zaman dulu milik ibu Lasmijah.)

Tempat penyimpanan air mandi kuno atau warga Sambikalung menyebutnya jembangan. Jembangan di atas merupakan milik salah satu warga Sambikalung yakni ibu Lasmijah, jembangan saat ini sangatlah sulit di temukan dirumah- rumah warga Sambikalung. Salah satu warga Sambikalung yang masih mempunyai jembangan yakni ibu Lasmijah, beliau memakai jembangan ini sudah sejak lama .  Kata beliau orang dulu percaya bahwa jembangan sendiri memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jembangan sendiri terbuat dari tanah liat nih guys fungsinya digunakan untuk menyimpan air mandi. 



 (Di foto oleh Salsabila Putri Isnani pada 12 September 2023) tampak gambar tersebut wadah tempat menyimpan besar tempo dulu di rumah ibu Endang dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 desa Pamotan. 

Daringan atau zaman sekarang menyebutnya tempat penyimpanan besar merupakan wadah tempat untuk menyimpan beras yang digunakan oleh orang-orang zaman dulu. Garingan di atas merupakan milik salah satu warga Sambikalung yaitu Ibu Endang, beliau sudah menggunakan Garingan ini sudah dari lama. Namun zaman sekarang sangat jarang sekali di temukan Garingan ini di setiap rumah warga Sambikalung. Garingan ini terbuat dari tanah liat. 

Tampak penulis melakukan kunjungan sebelumnya di rumah ibu Lasmijah dan ibu Endah untuk membahas perabotan rumah tangga tempo dulu lalu penulis melakukan observasi perabotan rumah tangga zaman sekarang ke rumah ibu Asih. 

Berikut Perabotan Rumah Tangga Zaman Sekarang


Perubahan zaman begitu cepat berkembang salah satunya perubahan sosial dalam perabotan rumah tangga. Berikut beberapa contoh perabotan rumah tangga zaman sekarang :


Rice Box

 (Di foto oleh Salsabila Putri Isnani pada 14 September 2023 tampak tempat penyimpanan beras sekarang milik ibu Asih.) 

Rice box ini merupakan tempat penyimpanan beras zaman sekarang. Benda ini dapat di jumpai di berbagai rumah di dukuh Sambikalung, rice box di atas merupakan milik ibu Asih . Rice box terbuat dari plastik sehingga dapat menahan beban beras yang cukup berat dan terhindar dari bintang tikus. 


Kulkas

( Di foto oleh Salsabila Putri isnani pada 12 September 2023 tampak kulkas digunakan untuk mendinginkan minum di rumah ibu Asih dukuh Sambikalung) 

Kulkas di atas merupakan milik ibu Asih yang beralamat di dukuh Sambikalung rt 02 rw 07 desa PamotanPamotan kec. Pamotan Kab. Rembang. 

Kulkas merupakan inovasi tercanggih saat ini untuk pendingin minuman. Dulu kulkas sangat sulit di temukan di berbagai rumah warga namun sekarang di setiap rumah pasti memiliki kulkas. 


Kompor Listrik

(Di foto oleh Salsabila Putri isnani pada tanggal 13 September 2023 di dukuh Sambikalung tampak perabotan rumah tangga kompor yang masih di gunakan milik ibu Asih. ) 


Kompor listrik di atas milik ibu Asih yang beralamat di dukuh Sambikalung Rt 02 Rw 07 desa Pamotan Kec. Pamotan Kab. Rembang. 

Kompor listrik merupakan inovasi canggih zaman sekarang di gunakan untuk memasak berbagai jenis makanan . Dulu orang kuno sering memasak di atas bara api yang dari kayu namun berbeda dengan zaman sekarang, banyak warga yang beralih ke kompor listrik karena lebih praktis ketimbang harus menggunakan kayu untuk memasak. 


Perubahan Sosial Rumah Zaman Dahulu hingga Zaman Sekarang


Rumah zaman dahulu biasa terbuat dari beberapa potong kayu yang di sambung kan bahkan bisa di bongkar pasang. 



( Di foto oleh Salsabila Putri Isnani pada  13 September 2023 di rumah mbah Las dukuh Sambikalung, tampak rumah model dulu yang mengganggur tidak digunakan kembali. ) 

Dalam kunjungan ini penulis melakukan observasi ke rumah mbah las di dukuh Sambikalung, namun sangat di sayang pemilik rumah tersebut sudah lama meninggal dunia sehingga penulis bertanya ke tetangga dekat sang pemilik rumah. 

Keunikan rumah zaman dulu yang sering kita jumpai yakni terbuat dari kayu hingga dapat di bongkar pasang. Rumah di atas merupakan milik mbah Las , rumah beliau ini sudah berdiri sudah berpuluh-puluh tahun tapi masih berdiri dengan kokoh. Ciri- ciri rumah model dulu yakni  Terbuat dari kayu , emperan nya luas ,atap nya pasti ada emperan ke depan ,atap nya kebanyakan dari genting , dan masih berubin tanah. 



( di foto oleh Salsabila Putri Isnani pada 13 September 2023 di rumah ibu Nisa dukuh Sambikalung) 

Penulis melakukan kunjungan ke rumah ibu Nisa di dukuh Sambikalung, penulis bertanya tanya tentang apa aja sih perubahan rumah zaman sekarang dan zaman dulu , setelah bertanya-tanya penulis meminta izin untuk mendokumentasikan rumah ibu Nisa dengan menggunakan handphone. 

Berbeda dengan zaman sekarang, rumah sekarang kebanyakan sudah terbuat dari tembok dan kebanyakan halaman depan rumahnya tidak luas . Rumah tersebut merupakan milik ibu Nisa yang beralamat di dukuh Sambikalung desa Pamotan. Model rumah seperti di foto banyak di jumpai di dukuh Sambikalung maupun di kota. Alasan banyak orang milih model yang minimalis yakni lebih nyamannyaman dan praktis. 



Perubahan gaya berpakaian orang zaman dulu dan zaman sekarang


( Tampak warga Sambikalung menggunakan kebaya zaman dulu dalam rangka kirab budaya Pamotan di foto oleh Alin. ) 

Tampak dari foto di atas warga Sambikalung menggunakan kebaya model kuno. Orang zaman kuno sehari hari kebanyakan memakai baju adat atau yang sering di sebut kebaya. Kebaya sendiri mempunyai ciri khas yang unik yakni bukaan depan dengan potongan simetris di sisi kiri maupun kanan dan memiliki lengan. Orang zaman dulu kemana- mana selalu menggunakan kebaya, jarak dan sanggul. 

( Tampak foto diatas remaja Sambikalung menggunakan pakaian kebaya zaman sekarang di foto oleh fotografer.) 

Gambar diatas merupakan salah satu contoh dari perubahan fashion di zaman sekarang. Zaman semakin maju dan berkembang banyak sekali trend- trend fashion yang disukai remaja. Salah satunya yaitu trend fashion korean style,banyak remaja yang minat karena beralasan pakaiannya simple dan cocok dipakai sehari-hari. Namun sangat di sayangkan banyak remaja yang lupa pakaian zaman dahulu yang di pakai nenek atau pun orang tua pada zaman dahulu. 



Demikian hasil penelitian observasi yang bisa saya sampaikan dan saya  mengucapkan terimakasih karena telah membaca hasil observasi ini.


Nama : Salsabila Putri Isnani 

Kelas : xii ips 4

No : 30

Postingan populer dari blog ini

Olah Data Gaya Arsitektur Rumah, Gaya Busana dan Perabotan Rumah Tangga Pada Masyarakat dukuh Sambikalung Desa Pamotan pada tahun 2023

Catatan Siswa